Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Pablo Picasso

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seorang pelukis abtrak dimana jenis lukisan yang ia geluti itu merupakan kesukaan saya "abstrak",,


Here We Go.!
:)


Pablo Ruiz Picasso (lahir 25 Oktober 1881 - meninggal 8 April 1973 dalam usia 91 thn.) adalah seorang pelukis yang terkenal dengan karya-karya abstraknya juga dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke 20.Ia adalah seorang aliran Kubisme. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung.  Lahir di Malaga,Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.


Picasso benar-benar menunjukkan bakat luar biasa sejak amat muda. Katanya yang pertama adalah lapiz (bahasa Spanyol, pensil) dan dia belajar menggambar sebelum dapat bicara. Menjelang usia 11, dia membuat majalah seni sebagai hobi, semuanya ditulis dan diberi ilustrasi sendiri. Dia benci sekolah dan tak pernah belajar menulis dengan baik. Dia hanya tahu sedikit matematika, dan kelak menyatakan bahwa " di pun tidak yakin atas urutan huruf dalam abjad". Namun, dia menyukai melukis dan hanya melukis yang dikerjakannya.


Dia sering membantu ayahnya, seorang pelukis, bekerja. Suatu sore ayahnya meninggalkan Pablo muda menyelesaikan gambar burung merpati. Waktu kembali, dilihatnya suatu lukisan bak-hidup yang menakjubkan. Diberikannya palet dan kuasnya kepada putranya dan dia tak pernah melukis lagi. Pablo baru berusia 13 saat itu.


Banyak orang sadar bahwa Pablo memang jenius, tetapi dia maunya berbuat sesukanya, bahkan banyak orang kecewa karena mengharapkannya menjadi pelukis tradisional. Pada mulanya dia menderita kemiskinan bertahun-tahun, tetapi dia berani dan berdisiplin kuat dengan semangat bekerja yang hebat.


Bersamaan dengan perkembangan bakatnya, dia secara tetap melanggar kaidah tradisi artistik; dia sering mengejutkan publik dengan gambar-gambar nya yang aneh dan kuat. Dia sering tidak "mengkopi" kehidupan nyata dalam lukisaannya. Dia mendesain bentuk batu untuk menuangkan cara yang segar melihat benda di sekeliling kita.


Gayanya berubah beberapa kali. Dia memiliki energi hebat; dia membuat gambar, lukisan, kolase, cetakan, otak teater, patung gerabah, dan keramik. Picasso menjadikan wanita sebagai sumber inspirasi. Konon, setiap wanita memberikan inspirasi berbeda baginya. Tak heran jika Picasso sampai dijuluki Don Juan (playboy). Selain berganti-ganti kekasih, ia juga telah menikah beberapa kali, antara lain dengan Fernande Olivier, Marchelle Thumbert, Olga Kohklova dan Jaqueline Roque.


Karya sepanjang hidupnya sama sekali mengubah ide-ide kita tentang seni. Begi berjuta-juta orang seni modern berarti karya Picasso.


Picasso sendiri menulis, "Pada dasarnya saya amat penasaran. Keinginantahuan saya lebih besae daripada orang lain. Saya ingin tahu setiap aspek, saat, dan fenomena hidup ini. Saya ingin tahu arti setiap impian. Keingintahunan saya melebihi setiap batas keingintahuan".


Dan..
ini dia beberapa lukisannya..
jeng..jeng.jeng.jeng



Picasso, Femme Assise Dans Un Faunteui 1962. Picasso bilang, dia
terinspirasi dari kekasihnya Eva Gouel


Picasso, La Reve (Mimpi) 1932. Picasso terinspirasi dari kekasih
lainnya Maria-Terese Walter. Terjual 48.402.500 dolar AS






Picasso, Interior with A Girl Drawing 1935






Picasso. Guernica 1937. Guernica adalah kota kecil Basque di Spanyol Utara yang nyaris hancur total karena
bombardir pada 1937 selama Perang Saudara Spanyol. Picasso melukis potongan-potongan badan manusia
dengan teriakan, mulut menganga, tanda-tanda keputusasaan, dan bangun hewan monster
Semua ini mengutarakan perasaan ngerinya atas kejahatan perang yang dasyat.






Picasso. Weeping Woman  1937





Picasso. Crucifixion 1930



Picasso. Night Fishing at Antibes, 1930

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf setau saya, picasso bukanlah pelukis abstrak.....coba ditinjau lagi.

Anonim mengatakan...

COMMENT ON COUPE TA ZIK DE MERDE ??????????? DEBILEEEEEEEEEEEEEEEEEE

Posting Komentar